Jumat, 14 Juni 2019

Daftar Makanan Enak & Manis yang Aman untuk Penderita Diabetes

Daftar Makanan Enak & Manis yang Aman untuk Penderita Diabetes

Penyakit diabetes menjadi momok untuk banyak orang. Tidak hanya orang tua saja, kini diabetes juga banyak menyerang pada anak muda. Penyakit ini sejatinya dapat dikurangi dengan pola hidup sehat. 


Banyak yang beranggapan makanan untuk penderita diabetes itu tidak enak, sebab sedikitnya kandungan gula. Tapi anggapan itu tidak semuanya benar. 

Sebab ternyata masih banyak makanan enak dan manis yang aman dikonsumsi untuk penderita diabetes, asalkan pintar dalam mengelolanya. Apa sajakah itu? 

  • Nasi merah

Ini yang paling pokok untuk tipe orang Indonesia yang tidak bisa makan tanpa nasi. Perlu diingat bahwa nasi putih mempunyai kadar gula yang tinggi. Untuk mengakalinya, Anda dapat mengganti nasi putih dengan nasi merah yang rendah gula. Rasanya sama saja kok, bahkan nasi ini lebih sehat.

  • Oatmeal

Jika Anda sedang tidak lagi gak mood  untuk makan nasi, Anda bisa mengganti bahan karbohidrat dengan oatmeal. Namun jangan ditambah gula. Anda dapat menggantinya dengan memasukan buah-buahan mulai blueberry, pisang, dan strawberry.


  • Sayur Bayam

Menurut penelitian, sayur bayam mengandung nutrisi lutein yang baik untuk penderita diabetes, terutama untuk bagian mata. Anda dapat mengolahnya menjadi sayur bayam kuah atau sekedar dibuat lalapan.

  • Popcorn Tawar

Menonton bioskop rasanya tidak lengkap jika tanpa popcorn. Tapi, popcorn di bioskop biasanya memiliki banyak rasa, mulai dari asin, karamel, dan lain-lain. Nah, bagi Anda yang punya diabetes masih bisa makan popcorn asal tidak menambahkan rasa apapun, tetap enak dan gurih ko. 

  • Daging Tanpa Lemak

Tidak ada masalah makan daging untuk penderita diabetes. Yang perlu diingat yaitu hilangkan bagian lemaknya dan jangan digoreng dengan minyak. Akan lebih sehat lagi jika direbus, dipanggang, atau dibakar. 

  • Ikan Laut

Penderita diabetes juga tidak dilarang makan ikan. Sama hal nya seperti daging, cara pengolahannya adalah dengan cara dikukus, dipanggang, atau dibakar. Kemudian, pilihlah ikan yang mengandung omega 3, seperti tuna, salmon dan sarden. Hindari ikan dengan kadar merkuri yang tinggi, seperti tongkol.

  • Brokoli

Selain bayam, sayuran lain yang baik untuk penderita diabetes adalah brokoli. Kandungan senyawa sulforaphane yang terdapat di dalam brokoli bisa membantu memperbaiki dan melindungi dinding pembuluh darah dari kerusakan kardiovaskular akibat dari diabetes. 

  • Dark Chocolate

Siapa bilang penderita diabetes tidak bisa makan cokelat? Masih bisa kok, asalkan dark chocolate. Menurut penelitian, dark chocolate ini memiliki banyak mabfaat. Seperti: mempercepat pengolahan glukosa darah, mengurangi resistensi insulin, dan mengurangi nafsu makan berlebih.

  • Ubi Jalar

Jika Anda ingin mendapatkan karbohidrat yang manis tanpa takut gula darah naik, Anda bisa mengonsumsi ubi jalar. Menurut penelitian, ubi jalar dapat mengurangi HbA1c sebanyak hinhha 0,57% serta mempercepat proses glukosa darah. Selain itu, juga memiliki indeks glukosa lebih rendah sehingga aman untuk penderita diabetes.

  • Tomat

Selain menyegarkan dan sehat, tomat juga mempunyai banyak manfaat. Seperti diantaranya mengandung likopen dan lutein yang berguna untuk melindungi ginjal dan pembuluh darah akibat diabetes. Mengonsumsi 1 gelas jus tomat setiap hari juga bisa mengurangi risiko penggumpalan darah akibat diabetes. 

Nah itulah 10 makanan enak & manis yang aman dikonsumsi untuk penderita diabetes, bagaimana Anda masih bisa tetap makan enak, kan? Yuk, mulai hidup sehat!

1 komentar:

  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    BalasHapus

7 Makanan Pantangan Diabetes

7 Makanan Pantangan Diabetes Diabates termasuk salah satu penyakit yang dapat menyerang siapapun, termasuk Anda yang masih muda. Risiko ...