Kamis, 13 Juni 2019

5 Makanan Tinggi Antioksidan Ini Ampuh Cegah Kanker

5 Makanan Tinggi Antioksidan Ini Ampuh Cegah Kanker

Tanpa disadari, kita sering terpapar oleh berbagai macam radikal bebas setiap hari. Paparan itu berasal dari makanan atau minuman yang kita konsumsi, polusi udara yang dihirup, dan berbagai hal lainnya. 

Jika kita tidak segera mengatasi paparan radikal bebas tersebut dengan menggunakan antioksidan, dikhawatirkan akan mengakibatkan berbagai masalah kesehatan, salah satunya mengakibatkan penyakit kanker. 


Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang tinggi akan kandungan antioksidan dengan melawan paparan buruk radikal bebas sehingga kita juga tidak akan mudah terkena penyakit. 

Berikut ada beberapa makanan tinggi kandungan antioksidan yang bisa dikonsumsi setiap hari guna sebagai pencegah kanker. 

1. Buah Ceri

Buah ceri mempunyai kandungan antioksidan alami yang bernama antosianin.  Kandungan inilah yang membuat warna buah ini menjadi kemerahan. Berdasarkan sebuah penelitian, dihasilkan fakta bahwa mengonsumsi 20 butir ceri tiap hari mampu mencegah penyakit kanker, jantung, dan nyeri akibat asam urat. 

2. Stroberi

Stroberi yang mempunyai kombinasi rasa manis dan asam ini tinggi kandungan vitamin C. Sebagaimana buah ceri, stoberi juga tinggi kandungan antosianin yang bisa membantu menurunkan risiko terkena penyakit kanker, jantung, menurunkan kadar kolesterol, dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

3. Blueberry 

Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal berjudul Nutritional Neuroscience, dihasilkan fakta bahwa rutin mengonsumsi blueberry mampu mencegah datangnya penyakit kanker, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung.

4. Cokelat Hitam

Dalam realitanya, cokelat hitam ternyata mempunyai kandungan antioksidan dan mineral yang sangat tinggi. Pakar kesehatan menyebut kandungan antioksidan dalam cokelat hitam berjenis flavonol yang efektif dalam mencegah datangnya kanker, diabetes, dan menjaga tekanan darah tetap normal.

5. Kubis Ungu

Sebenarnya, sayuran dari keluarga kubis memang tinggi kandungan antioksidan, tetapi khusus untuk kubis ungu, kandungan antioksidannya dapat mencapai 4 kali lipat dari kubis putih. Bahkan, jika kita mengolahnya dengan cara direbus, kandungan antioksidannya dapat jadi semakin tinggi.

Selain itu, di dalam kubis ungu juga tinggi kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin K, serta antosianin. Rutin mengonsumsi kubis ungu bisa membantu tubuh mencegah datangnya peradangan, infeksi, kanker, dan penyakit jantung.

1 komentar:

  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    BalasHapus

7 Makanan Pantangan Diabetes

7 Makanan Pantangan Diabetes Diabates termasuk salah satu penyakit yang dapat menyerang siapapun, termasuk Anda yang masih muda. Risiko ...