Kamis, 13 Juni 2019

4 Suplemen Pemicu Asam Urat

4 Suplemen Pemicu Asam Urat

Pemenuhan nutrisi merupakan faktor penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Tapi, terkadang mencukupi nutrisi hanya dengan mengandalkan makanan saja tidaklah cukup.

Karena tidak sedikit orang yang juga menambahkan konsumsi suplemen di dalam pola makan hariannya. Meskipun demikian, suplemen tidak boleh dikonsumsi secara sembarangan. 

Pada penderita asam urat, misalnya ada beberapa suplemen tertentu yang diketahui rentan picu timbulnya asam urat. Suplemen apakah itu?  Berikut ini di antaranya.


1. Suplemen yang mengandung gula

Suplemen nutrisi tinggi gula, terutama suplemen yang mengandung fruktosa bisa mengakibatkan peningkatan kadar asam urat. Beberapa produsen suplemen menambahkan gula ke dalam beberapa produknya untuk merangsang produksi energi. 

Bahayanya, fruktosa di dalam suplemen nutrisi bisa meningkatkan kadar asam urat di dalam darah. Hal ini dapat dirasakan beberapa menit sesudah mengonsumsi dengan menggunakan fostat berenergi tinggi, adenosine-5 triphosphate atau ATP. 

2. Suplemen kreatin

Kadar asam urat bisa meningkat dengan seiring penurunan fungsi ginjal. Suplemen kreatin bisa mempengaruhi fungsi ginjal, terutama jika Anda sudah menderita kelainan ginjal. Hal ini meningkatkan risiko Anda mengalami dehidrasi. 

Sehingga memberikan tekanan ekstra pada organ ginjal. Asam urat juga merupakan produk sampingan dari metabolisme di dalam tubuh yang secara langsung bisa meningkatkan kadar asam urat di dalam aliran darah. 

3. Suplemen zat besi

Suplemen zat besi atau yang mengandung zat besi mengakibatkan peningkatan produksi asam urat. Zat besi mengaktifkan senyawa bernama xanthine oxidase, enzim yang di produksi di dalam organ hati yang tugasnya untuk memecah senyawa menjadi asam urat. 

Zat besi memang sangat penting untuk kesehatan dan pemeliharaan pembentukan sel darah merah di dalam sumsum tulang. Akan tetapi zat besi juga kerap dikaitkan dengan produksi asam urat. Kelebihan zat besi dapat membuat Anda mengalami nyeri sendi. 

4. Suplemen penurun berat badan

Banyak suplemen penurun berat badan yang mengandung senyawa meningkatkan produksi asma urat berlebih dalam tubuh, termasuk kafein. Kafein secara alami bersifat diuretik dan bisa meningkatkan risiko dehidrasi dan meningkatkan kadar asam urat serta stres pada ginjal. 

Itulah beberapa alasan kenapa penderita asam urat tidak boleh sembarangan memilih suplemen, karena beberapa jenis suplemen ternyata rentan memicu asam urat. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mengonsumsi suplemen apa pun.

1 komentar:

  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    BalasHapus

7 Makanan Pantangan Diabetes

7 Makanan Pantangan Diabetes Diabates termasuk salah satu penyakit yang dapat menyerang siapapun, termasuk Anda yang masih muda. Risiko ...