Jumat, 14 Juni 2019

6 Komplikasi Penyakit Diabetes

6 Komplikasi Penyakit Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang disebabkan karena tingginya kadar gula darah. Faktor risiko terjadinya diabetes diantaranya: pola makan tidak sehat, jarang atau tidak pernah berolahraga, dan berat badan berlebih atau obesitas. 

Gejala diabetes antara lain: sering haus, sering makan, sering buang air kecil, dan berat badan menjadi turun. Untuk mendiagnosisnya, Anda perlu melakukan pemeriksaan kadar gula darah secara rutin dan teratur. 


Gejala yang tidak signifikan tersebut membuat penyakit diabetes ini sering tidak disadari oleh penderitanya hingga menimbulkan beberapa komplikasi, dan hingga penyakit diabetes ini disebut sebagai silent killer. 

Tingginya kadar gula darah jika tidak segera ditangani dapat menimbulkan bahaya organ tubuh lain dan mengakibatkan terjadinya komplikasi. Berikut ini beberapa komplikasi diabetes yang perlu diwaspadai. 

1. Gangguan pada mata

Komplikasi pada mata akibat diabetes biasa disebut retinopati diabetik. Tingginya kadar gula darah pada penderita diabetes dapat merusakan pembuluh darah pada retina mata. Retina mata sendiri berfungsi untuk menangkap bayangan benda. 

Jika terjadi kelainan pada pembuluh darah retina maka penglihatan dapat buram, dan jika tidak segera ditangai maka dapat menyebabkan kebutaan. Rusaknya pembuluh darah mata akibat diabetes juga meningkatkan penyakit katarak dan glaukoma.

2. Penyakit jantung

Kadar gula darah yang tinggi dalam jangka waktu lama bisa merusak pembuluh darah di dalam jantung. Hal itu akan mengganggu pada peredaran darah di dalam jantung sehingga mengganggu kerja jantung. 

Jika kondisi tersebut tidak segera ditangani maka bisa mengakibatkan terjadinya gagal jantung serta serangan jantung yang bisa mengakibatkan kematian. 

3. Stroke

Pembuluh darah di dalam otak juga dapat rusak akibat kadar gula darah yang tinggi. Jika suplai darah ke otak berkurang maka akan mengakibatkan gangguan fungsi otak dan terjadi stroke. 

4. Kerusakan ginjal

Gangguan ginjal akibat diabetes biasa disebut nefropati diabetik. Penyakit ini ditandai dengan gejala seperti sering buang air kecil, nafsu makan turun, maka bengkak, lemas, mual, muntah, dan bengkak pada kaki. 

Diabetes bisa mengakibatkan kerusakan pada ginjal yang disebut nefron yang berfungsi untuk menyaring zat yang tidak diperlukan dari darah. Sehingga jika terjadi kerusakan maka zat yang seharusnya dibuang bisa tetap ada dalam darah dan menimbulkan bahaya untuk tubuh. 

5. Kerusakan saraf

Kerusakan saraf akibat komplikasi diabetes biasa disebut neuropati diabetik. Tinggi kadar gula darah selain bisa merusak pembuluh darah juga bisa merusak saraf. Saraf yang terkena bisa hanya satu tempat tapi dalam keadaan lanjut bisa menyerang berbagai sistem saraf. 

6. Masalah kulit dan kaki

Kerusakan pembuluh darah pada penyakit diabetes dapat terjadi pada pembuluh darah seluruh tubuh. Gangguan peredaran darah ke kaki akibat diabetes mengakibatkan kaki mudah terluka. 

Penderita diabetes sering tidak menyadari terjadinya luka pada kulitnya akibat gangguan saraf. Hal itu mengakibatkan luka tidak segera ditangani dan bertambah parah sehingga membentuk ulkus atau brokol bahkan gangren jaringan yang membusuk. 

Nah, sudah tau kan komplikasi penyakit diabetes? Mulai sekarang jaga pola hidup sehat yuk, agar kita terhindar dari penyakit diabetes. Dan ingat jangan lupa untuk rutin memeriksakan kadar gula darah ya ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

7 Makanan Pantangan Diabetes

7 Makanan Pantangan Diabetes Diabates termasuk salah satu penyakit yang dapat menyerang siapapun, termasuk Anda yang masih muda. Risiko ...