Minggu, 16 Juni 2019

Alasan Kenapa Banyak Orang Indonesia Kena Diabetes

Alasan Kenapa Banyak Orang Indonesia Kena Diabetes

Diabetes adalah penyakit yang sering menyerang manusia akibat pola makan dan gaya hidup yang kurang sehat. Diabetes sendiri terbagi menjadi diabetes tipe 1 dan 2.


Diabetes tipe 1 terjadi karena sistem kekebalan tubuh penderita menyerang dan menghancurkan sel-sel pankreas yang memproduksi insulin. Diabetes tipe 1 dikenal juga dengan diabetes autoimun. 

Sementara, diabetes tipe 2 merupakan jenis diabetes yang lebih sering terjadi yang disebabkan oleh sel-sel tubuh yang menjadi kurang sensitif terhadap insulin.  Lantas, kenapa orang Indonesia sering kena diabetes?

1. Orang Indonesia sering makan nasi 3 kali sehari

Nasi putih merupakan makanan pokok orang Indonesia. Akan tetapi sayangnya, menurut riset terbaru nasi ternyata berisiko tinggi meningkatkan risiko seseorang untuk terkena diabetes tipe 2.

Menurut sebuah penelitian menemukan hasil bahwa orang yang makan nasi putih lebih dari 5 kali dalam seminggu berisiko 17% lebih tinggi untuk mengalami diabetes tipe 2 jika dibandingkan kelompok orang yang hanya makan nasi sebulan sekali.

2. Suka minum-minuman manis

Berita buruk bagi Anda yang suka minum-minuman manis seperti: teh, kopi ataupun jus. Sebenarnya penyebab utama dari kebiasaan ini adalah kandungan gula pasir yang Anda tambahkan. 

Tidak hanya itu, makanan kemasan yang sering dijajakan di warung atau pusat perbelanjaan juga memiliki kandungan gula yang tinggi. Hal itu meningkatkan risiko orang terkena diabetes tipe 2.

3. Suka makan-makanan cepat saji

Makanan cepat saji seperti burger, ayam goreng dan kentang goreng memang nikmat. Tapi, kebiasaan mengonsumsi makanan tersebut juga buruk untuk kesehatan. Hal ini karena kandungan kolesterol yang tinggi pada makanan itu sehingga Anda rentan mengalami diabetes. 

4. Suka duduk dan malas gerak

Orang Indonesia malas gerak dan jalan mungkin karena tidak didukung dengan infrastruktur jalan yang baik. Ketimbang jalan kaki, mereka lebih suka naik transfortasi umum atau tidak keluar rumah sekalian. 

Kurangnya gerak mengakibatkan kalori Anda tidak berkurang sehingga terjadi penumpukan lemak. peningkatan kadar darah kolesterol. Jika dibiarkan maka kebiasaan ini akan memicu diabetes, bahkan beresiko terkena penyakit jantung dan stroke. 

5. Kegemukan yang dibiarkan

Postur tubuh tidak hanya mempengaruhi penampilan, namun juga kesehatan. Kegemukan yang dibiarkan hanya akan membuat lemak di tubuh Anda berlebihan. Padahal hal ini meningkatkan kemungkinan untuk tubuh Anda mengalami resitensi insulin. 

6. Diabetes adalah penyakit yang bisa ditularkan kepada anak-cucu

Anda lebih berisiko untuk terkena diabetes tipe 2 jika orang tua Anda juga mengidapnya. Sementara jika Anda mengidapnya, Anda juga akan berisiko menurunkannya pada anak cucu. Untuk itu, ayo cegah jangan sampai Anda juga mengidapnya. 

7. Faktor ras

Meskipun belum diketahui penyebabnya, ada ras tertentu yang cenderung mempunyai risiko diabetes tipe 2 dibandingkan ras kulit putih, seperti ras kulit hitam, hispandik, indian amerika, dan asia amerika. 

Itu tadi alasan kenapa orang indonesia rentan terkena diabetes. Untuk Anda yang belum mengidapnya, cobalah cegah dengan menjaga pola makan serta bergaya hidup yang sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

7 Makanan Pantangan Diabetes

7 Makanan Pantangan Diabetes Diabates termasuk salah satu penyakit yang dapat menyerang siapapun, termasuk Anda yang masih muda. Risiko ...