Jumat, 24 Mei 2019

Tips Liburan Saat Puasa Tanpa Takut Batal

Tips Liburan Saat Puasa Tanpa Takut Batal

Saat ramadhan tiba, banyak orang yang memilih menunda liburannya, salah satu alasannya karena ribet. Belum lagi nanti perlu mencari tempat buka puasa dan menyiapkan makan sahur, sampai kekhwatiran batal di tengah hari. 

Padahal, kamu tetap bisa liburan nyaman tanpa mengganggu ibadah puasa. Bagaimana caranya? Yuk coba ikuti tips liburan saat puasa berikut ini!


1. Pastikan Sudah Sahur

Waktu sahur penting untuk memenuhi gizi dan energi kamu ketika seharian berpuasa. Sebaiknya, konsumsi makanan yang mengandung protein serta berserat saat sahur untuk memenuhi kebutuhan energi. 

2. Catat Waktu Sahur dan Berbuka di Tempat Umum

Pastikan sebelumnya kmau sudah mencari tau waktu sahur dan berbuka di tempat tujuan sebelum berangkat liburan. Caranya cukup mudah, kamu bisa mencari di internet atau mengunduh aplikasi yang memberi informasi waktu sahur dan buka puasa.

3. Perbanyak Konsumsi Air Putih saat Sahur dan Berbuka

Ketika liburan di tengah waktu puasa, kamu akan merasa cepat haus dan dehidrasi karena tubuh kekurangan cairan. Nah, untuk menyiasati hal itu, komsumsi air putih yang cukup saat sahur dan berbuka puasa untuk menghindari panas dalam saat liburan di bulan puasa. 

4. Hindari Melakukan Aktivitas Berat

Ketika berpuasa, energi yang kita miliki tidak sebanyak saat hari biasa. Oleh sebab itu, bagi kamu yang ingin liburan ketika berpuasa hindari aktivitas berat seperti naik gunung, trekking, atau main arung jeram.

Pilihlah aktivitas traveling yang ringan dan santai seperti mengunjungi museum atau tempat ibadah bersejarah, menikmati suasana pantai, hunting foto ataupun berbelanja. 

5. Jangan Lupa Waktu

Tips yang nggak kalah penting saat liburan di bulan puasa adalah jangan sampai lupa waktu. Biasanya ketika sedang liburan kamu akan keasyikan hingga lupa waktu untuk beribadah. Dengan mengingat waktu, kamu juga bisa memanfaatkan waktu untuk beristirahat. 

Itulah beberapa tips liburan saat puasa yang dapat kamu terapkan. Karena puasa tidak menghalangi aktivitas, apalagi liburan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

7 Makanan Pantangan Diabetes

7 Makanan Pantangan Diabetes Diabates termasuk salah satu penyakit yang dapat menyerang siapapun, termasuk Anda yang masih muda. Risiko ...