Senin, 27 Mei 2019

Beragam Kebaikan Puasa Bagi Para Penderita Diabetes

Beragam Kebaikan Puasa Bagi Para Penderita Diabetes

Bagi Anda yang punya diabetes, mungkin dilema apakah bisa ikut berpuasa atau tidak di bulan Ramadan ini. Tidak sedikit diabetesi yang melewatkan puasa karena takut berimbas pada kadar gula darahnya. Padahal jika dikulik lebih dalam, banyak kebaikan yang bisa didapat oleh diabetesi saat berpuasa. 

Bagi pada penderita diabetes, puasa ini merupakan sebuah tantangan tersendiri. Berkurangnya asupan makanan, gula darah juga bisa menurun drastis. Jika Anda tidak makan, maka tingkat gula darah Anda akan turun di bawah kisaran normal, dimana kondisi ini tentu bisa mengakibatkan hipoglikemia. 


Hal itu juga berlaku pada penderita diabetes yang terlalu banyak makan saat berbuka puasa. Bisa-bisa, kebiasaan ini akan membuat gula darah menjadi melonjak tinggi melebihi kisaran normal, dan menjadi hiperglikemia. 

Meskipun ada beberapa risiko, puasa tetap membawa manfaat bagi para penderita diabetes. Sebelum memutuskan untuk puasa atau tidak, yuk pahami terlebih dahulu apa saja manfaat puasa untuk penderita diabetes. 

1. Glukosa lebih teratur

Saat Anda sudah berpuasa selama 8 jam, tubuh mengalami banyak perubahan. Perubahan paling besar yaitu saat menggunakan dan mengolah energi yang akan digunakan. 

Pada awalnya, tubuh memang menggunakan glukosa sebagai energi utama tubuh. Tapi, saat gula tersebut habis tubuh akan mulai memecah cadangan lemak untuk dijadikan energi. 

Jika lemah secara terus-menerus digunakan sebagai energi, maka bukan tidak mungkin berat badan Anda akan menurun. Yang mana hal ini bisa memengaruhi kerja tubuh dalam mengatur kadar gula darah, kolesterol, hingga tekanan darah. 

2. Mengurangi ketergantungan terhadap obat

Sebagaimana dilansir dari laman WebMD, ada sebuah penelitian kecil yang dilakukan terhadap 3 orang pengidap diabetes tipe 2 selama 10-25 tahun. Dalam penelitian itu, mereka diminta berpuasa selama 3 hari dalam seminggu dan kadang setiap hari. 

Tentu saja hal tersebut dilakukan dibawah pengawasan dokter. Sesudah sebulan, ketiga orang tersebut mampu mengurangi ketergantungan terhadap obat insulin bahkan berhenti total. Kurang dari setahun, akhirnya mereka berhasil menghentikan pengobatan. 

Nah, dari penelitian itu bisa dilihat bahwa manfaat puasa untuk diabetes salah satunya adalah untuk mengurangi ketergantungan terhadap obat-obatan. Namun, tentu saja diperlukan penelitian-penelitian lain yang lebih menjanjikan mengenai hal tersebut. 

3. Menjaga kesehatan organ-organ tubuh

Selain bisa mengurangi ketergantungan terhadap obat-obatan, manfaat puasa juga dapat membawa pengaruh baik pada sebagian besar organ tubuh, termasuk bagi penderita diabetes. Umumnya, tubuh menyimpan glukosa untuk berjaga-jaga.

Nah, glukosa simpanan itu disebut glikogen yang tersimpan di hati. Glikogen memerlukan waktu sekitar 12 jam untuk digunakan. Jika Anda berhenti makan dalam waktu cukup panjang, tubuh akan mulai membakar lemak sebagai pengganti glikogen.

Pembakaran lemak tersebut menghasilkan energi serta mengistirahatkan hati dan pankreas Anda. Hati dan pankreas merupakan kedua organ tubuh yang bertugas untuk memproduksi insulin sebagai hormon dalam tubuh untuk pengatuh gula darah. 

4. Meningkatkan kedisiplinan

Menurut Prof. Dr. dr. Sidartawan Soegondo, Sp.PD, KEMD, FINA ketika ditemui dalam sebuah wawancara ekslusif di bilangan Cikini, Jakarta Pusat, salah satu manfaat puasa bagi penderita diabetes adalah meningkatkan kedisiplinan dalam mengonsumsi obat.

“Ketika menjalankan puasa, Anda hanya diperbolehkan makan dan minum 2 kali, yaitu ketika sahur dan berbuka. Nah, mau tidak mau para penderita diabetes pun harus mengikuti pola tersebut dan menuruti penggunaan dosis obat yang sudah diberikan oleh dokter,” ujar dr. Sidartawan.

Pola makan dan konsumsi obat yang lebih teratur itulah yang membuat mereka menjadi lebih disiplin daripada hari-hari biasanya. Dengan begitu, maka kontrol gula darah pun bisa menjadi lebih baik.

Bagaimana? Asalkan ada kemauan, pastinya akan ada jalannya. Sungguh sayang bukan jika melewatkan berbagai manfaat yang puasa untuk para penderita diabetes?

Sebelum menjalankan puasa, ada baiknya agar Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu serta mengikuti petunjuk untuk menjalankan puasa yang benar sesuai arahan dokter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

7 Makanan Pantangan Diabetes

7 Makanan Pantangan Diabetes Diabates termasuk salah satu penyakit yang dapat menyerang siapapun, termasuk Anda yang masih muda. Risiko ...