Jumat, 24 Mei 2019

Lebih Sehat Mana, Air Kemasan atau Air Rebusan Sendiri?

Lebih Sehat Mana, Air Kemasan atau Air Rebusan Sendiri?

Air putih memang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan serta kecantikan kita. Maka tidak heran jika kita dianjurkan untuk mengonsumsi banyak air putih, setidaknya 2 liter sehari. 

Untuk mendapatkan air putih yang layak dikonsunmsi, ada orang yang membeli air putih kemasan baik dalam bentuk botol atau galon, dan ada juga yang lebih menyukai merebus air sendiri di rumah. 

Namun, dari kedua air minum tersebut sebenarnya lebih sehat yang mana ya? Daripada penasaran yuk langsung aja cek ulasan lengkapnya berikut ini.  


  • AIR KEMASAN

Air kemasan bersumber dari air pegunungan sehingga mempunyai kandungan yang lebih banyak dibanding air rebusan sendiri. Selain mineral yang baik untuk tubuh, air kemasan juga mengandung kalsium, kalium, magnesium, serta mineral lainnya. 

Ketika memilih produk air kemasan, sebaiknya Anda memilih produk yang sudah lolos uji SNI serta terdaftar di BPOM agar lebih terpercaya akan proses pengolahannya yang dilakukan secara higienis. 

Karena disimpan di dalam kemasan plastik, air kemasan juga mempunyai tanggal kedaluwarsa, lho. Hal itu untuk mengurangi risiko air terkontaminasi dengan bakteri ataupun zat beracun dari plastik. 

  • AIR REBUSAN

Kandungan yang ada di dalam air rebusan sangat bergantung pada sumber air yang digunkan. Selain itu, air rebusan tidak mempunyai kandungan mineral sebanyak yang ada dalam air kemasan. 

Sumber air di rumah juga berbeda-beda, ada yang langsung dari sumur atau air PAM. Meskipun sumber air tersebut nampak bersih, bisa saja air itu ternyata sudah tercemar obat bakteri atau zat lainnya. 

Lantas, bagaimana caranya untuk memastikan air rebusan kita layak dikonsumsi? Air yang layak konsumsi yaitu air yang jernih, tidak berbau, tidak berwarna, tidak berasa, serta memiliki kadar PH netral. 

Anda bisa melakukan uji kelayakan air dengan cara membeli alat khusus atau melakukan pengujian sederhana di rumah. 

Ketika merebus, pastikan Anda sudah merebusnya hingga mata dengan suhu mencapai 100°C untuk membunuh bakteri yang ada, diamkan dahulu 5-10 menit sebelum dimatikan.

JADI, MANA YANG LEBIH BAIK DIKONSUMSI?


Semuanya tergantung dari kondisi sumber air yang ada di rumahmu, ya. Jika sumber air rumah Anda dalam kondisi yang tidak layak dikonsumsi, maka lebih baik mengonsumsi air kemasan saja. 

Namun, pastikan juga Anda memilih air kemasan yang sudah lolos uji SNI dan terdaftar di BPOM. Serta jangan lupa untuk perhatikan juga tanggal kedaluwarsanya. 

Sementara jika Anda tetap ngin merebus air sendiri di rumah, pastikan untuk merebus air hingga mata dengan suhu 100°C untuk membunuh bakteri dalam air. Anda juga dapat menggunakan alat pemurnian air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

7 Makanan Pantangan Diabetes

7 Makanan Pantangan Diabetes Diabates termasuk salah satu penyakit yang dapat menyerang siapapun, termasuk Anda yang masih muda. Risiko ...